Model Pembelajaran

Kompetensi Dasar : Menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan.

Indikator : 1. Menemukan pokok-pokok dongeng yang diperdengarkan
2. Menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang           diperdengarkan

Model : D2T2 (Dengarkan, Diskusikan, Tampilkan, Tuliskan)
Media/Sumber Belajar: 1. Majalah atau koran atau tabloid yang memuat dongeng
2. Kaset berisi rekaman dongeng
3. Tape recorder
4. Kartu peran untuk pembagian kelompok

Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan Awal.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang dongeng yang pernah didengar atau dibaca.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan dongeng dari rekaman pembacaan dongeng yang sudah dipersiapkan guru. (Dengarkan)
b.Siswa dan guru bertanya jawab tentang dongeng yang diperdengarkan.
c. Siswa menemukan pokok-pokok dongeng.
d.Siswa membentuk kelompok sebanyak 4 orang per kelompok
e. Siswa mendiskusikan pokok-pokok dongeng yang sudah ditemukan.(Diskusikan)
f. Siswa mendiskusikan hal-hal menarik dalam dongeng.
g.Perwakilan siswa mengemukakan pokok-pokok dan hal-hal menarik dalam dongeng yang telah disepakati kelompok (Tampilkan)
h.Masing-masing siswa menuliskan pokok-pokok dan hal-hal menarik dalam dongeng. (Tuliskan)
i. Siswa dan guru menyepakati format penilaian.

3. Kegiatan Akhir
a.Siswa dan guru melakukan refleksi.
b.Siswa mendengarkan dongeng untuk tugas rumah.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: